Monday, August 12, 2013

Main Saham ala Intelligent Investor - Pre Introduction



[Pos ini ©2013 oleh Willy billythepip.blogspot.com. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.]


The Intelligent Investor 4th ed
Perkenalkan, nama saya Willy. Sebelum aktif di blog ini, saya sudah lama berpartisipasi dalam blog Terus Belajar Saham yang dikelola oleh rekan Iyan dan terutama sekali sebagai masukan bagi saya juga sebagai pemain di saham, reksadana, dan Forex. Saat ini saya akan mengulas buku Intelligent Investor karya Benjamin Graham. Saya akan mengacu kepada Intelligent Investor milik saya yang Fourth Revised Edition dari HarperBusiness Essentials. Jika para rekan tertarik mencari Intelligent Investor yang versi Indonesia-nya, silakan pesan di penerbit Serambi penerbit Pijar Nalar atau toko buku Gramedia terdekat.

Karena buku Intelligent Investor sangat tebal dan sarat dengan nasihat investasi yang bermutu dari Benjamin Graham dan Jason Zweig, ulasan akan saya bagi bab per bab. Ulasan saya akan fokus kepada bab Intro dan 20 bab utama buku tersebut. Saya tidak akan menggali terlalu dalam, tetapi saya akan berusaha membuat ulasan tersebut sesederhana mungkin yang mudah dimengerti dalam bahasa kaum awam. Jika rekan-rekan benar-benar ingin langsung mengerti apa hal yang paling penting dari buku Intelligent Investor, saya menyarankan untuk langsung membaca bab 8 (tentang Tuan Pasar), bab 20 (tentang Marjin Aman), dan bagian epilog (tentang para Superinvestor dari Graham-and-Doddsville).

Harap diingat bahwa baik saya maupun rekan Iyan sama sekali tidak menelan mentah-mentah apa yang dianjurkan oleh Benjamin Graham dalam buku ini. Kami memiliki gaya investasi masing-masing yang sesuai dengan karakter kami pribadi, dan kami berharap para rekan disini juga mau terus belajar dan berkembang sampai bisa mencapai pencerahan pribadi akan gaya investasi yang paling cocok dengan karakter pribadi masing-masing.

Walaupun demikian, harus diakui bahwa Graham telah membangun salah satu sistem investasi yang paling berhasil saat ini, yaitu Value Investing.
Value Investing dan analoginya di dunia nyata
Source: 'Kontan.co.id'
Investor saham tersukses di dunia (Warren Buffet) dan juga investor saham tersukses di Indonesia (Lo Kheng Hong) saat ini bahkan mengakui bahwa dasar investasi mereka adalah buku Intelligent Investor dari Benjamin Graham. Tidak peduli seperti apa pun gaya investasi anda, ada baiknya buku Intelligent Investor menjadi salah satu referensi yang paling penting jika para rekan benar-benar ingin serius bermain saham. Minimal buku ini dapat menjelaskan cara berpikir para value investor dalam menganalisis pasar saham yang kadang-kadang memang rada aneh.

Baik Value Investing maupun market terkadang memang rada aneh....
Source: 'Kontan.co.id'

Ok? Beberapa tokoh penting di buku ini adalah:
  1. Benjamin Graham. The Father of Value Investing. Intelligent Investor adalah karya terbesarnya dan Graham menulis buku ini setelah mengalami sendiri salah satu krismon terbesar dalam sejarah Amerika yaitu the Great Depression pada 1929. Warren Buffet sempat belajar dan magang langsung di bawah Graham, tetapi Buffet kemudian membangun sistem main saham pribadi yang berbeda dengan Graham.
  2. Jason Zweig. Kolumnis dari beberapa harian di Wall Street ini memberikan sentuhan modern pada buku Intelligent Investor cetakan terbaru. Zweig banyak memberikan perumpamaan yang rada serius tapi santai -dan seringkali kocak!- pada bagian komentar dan footnote, dan terutama sekali bagaimana ide Graham diterapkan ketika pemain saham Amerika mengalami langsung ketamakan dan kepanikan yang berlebih-lebihan pada saat dotcom bubble and burst tahun 1990-2000. 
  3. Warren Buffet. Salah satu orang terkaya di dunia pada zamannya. Buffet sebenarnya hanya muncul di bagian kata pengantar dan appendix, tetapi pendapat beliau akan ide Graham layak juga dibaca untuk lebih mengerti cara berpikir Graham sebagaimana yang ditafsirkan Buffet dan mengapa Buffet menolak mentah-mentah hipotesis pasar yang efisien. Saya pribadi setuju dengan Buffet untuk yang satu ini bahwa pasar memang –secara umum- tidak efisien.

Ulasan akan saya mulai dengan bagian Introduction, hal 1 – 17. Selamat membaca!

13 comments:

  1. Bung Willy, CONGRATULATION untuk pembukaan blog ini.

    Wish you the best.

    ReplyDelete
    Replies
    1. THANK YOU untuk support-nya juga, Bung Iyan.

      Saya akan segera upload artikel berikutnya. :D

      Delete
  2. Dear all, ada yg tahu beli bukunya di mana, khususnya yg versi indonesia.Saya cari kemana2 sudah habis.

    Salam
    Eddy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah terbit lagi versi Indonesianya di Gramedia, Pak Eddy. Kali ini oleh penerbit Pijar Nalar. Silakan cek online atau ke Gramedia terdekat.

      Delete
  3. Dari blog pak iyan, langsung berkunjung ke sini...
    Terima kasih sekali sudah meluangkan waktu dan pikiran untuk membagi pengetahuan tentang buku ini (dan buku lain juga nantinya yahhh), khususnya buat newbie seperti saya yg ga bisa bahasa inggris, jauh pula di indonesia timur.

    Dulu pernah ada blog yang bahas buku ini
    http://janganserakah.wordpress.com
    sayangnya baru introduction sudah ga update blognya. hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 juga, mama naunau. Dari kota mana?

      Saya harap tulisan saya bisa bermanfaat bagi rekan investor sebangsa setanah air.

      Delete
  4. pak willy, jual buku intelligent investor versi indonesia pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya tidak jualan buku pak mrandi. Sudah coba kontak penerbit Serambi?

      Delete
    2. sudah pak, dia ga mau cetak lagi pak, boleh potocopy bukunya ga pak? ini nomer sy pak, kalo boleh sy minta nomer pak willy pak? 08997633333
      sy butuh bgt soalnya pak

      Delete
    3. Sudah terbit lagi versi Indonesianya di Gramedia, Pak mrandi. Kali ini oleh penerbit Pijar Nalar. Silakan cek online atau ke Gramedia terdekat.

      Delete