Wednesday, August 28, 2013

Main Saham ala Intelligent Investor - General Portfolio Policy: The Defensive Investor

[Pos ini ©2013 oleh Willy billythepip.blogspot.com. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.]

Ulasan ini adalah kelanjutan dari Bab 3, dan mengacu pada Bab 4: General Portfolio Policy: The Defensive Investor, hal 88 - 111.

Sejauh ini kita telah melihat definisi yang jelas dari Graham dan Zwaig tentang seorang Intelligent Investor. Mungkin para rekan mulai bertanya-tanya, apakah seorang Intelligent Investor harus selalu rela mengorbankan waktu dan energinya dalam bermain saham untuk mendapatkan hasil yang secukupnya, tanpa kecuali? Bagaimana jika saya tidak memiliki cukup waktu maupun energi untuk bermain saham, tetapi tetap ingin mendapatkan imbal hasil secukupnya?

Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas, Graham membagi dua tipe Intelligent Investor. Pada beberapa bab ke depannya, Graham juga akan membeberkan strategi yang lebih mendalam terkait dengan tipe investor yang lebih cocok dengan gaya rekan-rekan pribadi.

Tipe investor yang pertama adalah investor aktif. Investor tipe ini aktif meneliti kemungkinan investasi-investasi baru dan juga tanpa lelah menginvestasikan waktu dan energi untuk mempelajari portofolio sahamnya. Investor tipe ini juga seringkali dapat memilih saham-saham tertentu yang mampu memberikan imbal hasil di atas rata-rata IHSG pada saat banteng melesat maupun beruang mengamuk.

Tipe investor yang kedua, dan merupakan fokus utama dari bab ini, adalah investor pasif. Investor tipe ini lebih memilih membeli saham sekali saja dan simpan selama mungkin (buy and hold strategy), atau rajin membeli saham pilihannya secara rutin apa pun yang terjadi (dollar-cost averaging strategy). 

Termasuk pada tipe investor pasif adalah mereka yang berlangganan mutual fund, atau lebih dikenal di Indonesia sebagai reksadana (Graham secara khusus menganjurkan index fund atau reksadana indeks. Hal ini akan dibahas lebih detail pada bab berikutnya). Untuk reksadana saham misalnya, ini bisa kita anggap sebagai koleksi saham-saham berdasarkan kriteria tertentu. Jika kita membeli suatu reksadana saham, kita berarti telah menurunkan risiko rata-rata, karena uang kita tersebar pada seluruh saham yang terdapat pada reksadana tersebut.

Tipe-tipe reksadana di Indonesia.
Source: Dr. Keuangan

Apa pun tipe investornya, Graham tetap kukuh pada konsep diversifikasi pada bab sebelumnya. Sebaiknya portofolio investasi dibagi 50% saham dan 50% wadah investasi lainnya. Atau bisa juga sedikit berubah proporsi portofolionya bergantung pilihan pribadi para investor, dengan rekomendasi antara 25% - 75%. 

Lebih jauh lagi Zwaig memberikan saran bagaimana sebaiknya rasio portofolio ini para rekan terapkan. Hal-hal yang patut para rekan pertimbangkan seperti tujuan investasinya, seberapa stabil penghasilan rutin anda, apakah anda sudah berkeluarga atau belum, seberapa toleran anda terhadap risiko, dll. Secara umum, semakin mantap kondisi anda pada saat ini dan semakin panjang tujuan investasi para rekan, semakin tinggi proporsi saham yang harus para rekan pertimbangkan pada portofolio pribadi.

"Ah, Bung Willy terlalu bertele-tele disini. Mengapa tidak 100% saham saja untuk portofolio investasi saya?" 

Yah, saya yakin ada di antara para rekan yang sudah berpikir seperti itu. Ternyata Zwaig sudah mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan yang satu ini (saya sedikit adaptasi untuk pemain saham Indonesia). Jika para rekan benar-benar ingin investasi 100% di saham, anda harus dengan mantap:
  • Punya dana tunai untuk menopang keluarga setidaknya sampai 1 tahun ke depan
  • Akan terus berinvestasi sampai 20 tahun ke depan
  • Telah bertahan ketika beruang ganas mengamuk pada krisis 2008
  • Tidak ikut-ikutan panik melepas saham ketika beruang ganas mengamuk pas krisis 2008
  • Bukan saja anda tidak panik, anda malahan memborong lebih banyak saham lagi pas krisis 2008
  • Tidak mudah terjebak kesintingan Tuan Pasar (harap menuju ke Bab 8 untuk tahu lebih banyak tentang Tuan Pasar) dan punya strategi mantap untuk berinvestasi saham pada kondisi apa pun
Ketika beruang ganas lepas di IDX, apakah anda akan ikut-ikutan panik?
Source: 'Kontan.co.id'

Strategi ini memang terdengar konservatif, tetapi ini adalah harga yang harus anda bayar jika ingin nekat investasi 100% portofolio anda di saham. Siapa pun yang panik ketika beruang ganas lepas pada krisis sebelumnya juga tetap akan panik ketika beruang ganas kembali mengamuk. Dan percayalah, anda akan sangat menyesal ketika itu terjadi.
 
Selebihnya bab ini membahas beberapa alternatif selain saham yang patut para rekan pertimbangkan pada portofolio pribadi. Graham terutama sekali memberikan penjelasan ringkas mengenai obligasi baik dari negara maupun perusahaan, beserta untung ruginya. Poin terpenting disini adalah Graham percaya bahwa obligasi sebaiknya bisa menjadi bagian dari portofolio investasi para rekan untuk menjamin diversifikasi.

Pembelian obligasi secara langsung biasanya tidaklah mudah karena membutuhkan biaya yang relatif sangat besar, tetapi Zwaig mengingatkan bahwa sekarang kita bisa dengan mudah membeli reksadana yang portofolionya mencakup obligasi.

Di Indonesia misalnya, kita bisa membeli reksadana pendapatan tetap atau reksadana campuran sebagai alternatif yang murah meriah agar portofolio kita tetap terdiversifikasi. Selain obligasi, para rekan juga bisa mempertimbangkan tabungan, deposito, dan reksadana pasar uang sebagai alternatif diversifikasi portofolio investasi seorang Intelligent Investor.

Sebagai penutup, Zwaig menjabarkan kemungkinan membeli saham untuk mendapatkan dividen sebagai salah satu cara bermain saham yang konservatif. Beberapa saham di Indonesia dari BUMN atau perusahaan yang sudah mantap perkembangannya tergolong rajin memberi dividen, dan main saham tipe ini sering disebut dengan income investing. Hanya saja harap diingat bahwa dividen umumnya hanya diberikan ketika perusahaan mengalami keuntungan, dan dividen yang dibagikan besarnya bisa naik turun bervariasi setiap tahunnya. Ini tidak cocok bagi investor yang mengharapkan income yang stabil.

Jadi apa pesan moral dari bab ini? Graham memberikan masukan yang sangat berharga terutama sekali bagi para investor pasif, yaitu dengan cara diversifikasi. Dengan strategi yang mantap dan diversifikasi yang cerdas, para investor pasif juga ada harapan untuk mendapatkan imbal hasil yang secukupnya dari portofolionya.

Ulasan berikutnya adalah Bab 5: The Defensive Investor and Common Stocks, hal 112 – 132. Selamat membaca!

8 comments:

  1. Sudah terbit kelanjutannya mas. Sudah dicek, belum? :D

    ReplyDelete
  2. oke sudah di cek mas , kemaren link nya belum aktif :D

    ReplyDelete
  3. Ada pepatah mengatakan " Kalau menangkap ikan jangan masuk dan menyelam dalam air karena beresiko basah, capek berenang dan tenggelam serta hasilnya juga tidak maksimal belum lagi kalau ada arus air kenceng bisa gampang panik, tapi gunakanlah alat yang kamu bener-bener mengerti tehnik penggunaannya untuk menangkapnya "
    apa hubungannya dalam trading saham ya? hahahaha

    ReplyDelete
  4. Wah, mantap sekali Pak Willy ulasannya...

    Lama searching, baru sekarang saya nemu blog yang mantap selain blognya Pak Iyan yang terusbelajarsaham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 rekan Annas. Saya tidak seaktif Pak Iyan, to be honest. Moga2 bisa sedikit membantu.

      Delete
  5. Rekan Willy,

    Saya jadi merasa hangat di blog ini dengan sambutan kata-kata "rekan" dan "kawan". Hehe

    Sebelumnya, saya ingin terima kasih banyak atas pemaparan yang bermanfaat sekali baik di blog ini maupun di blog sebelah yang dikelola Bung Iyan. Bung Willy sudah sangat membantu paling tidak saya untuk mulai mengenal dunia saham ini..

    Saya ada sedikit pertanyaan ini Bung, terkait review buku ini, kiranya Bung Willy berkenan menjawab.

    pada post yang ini, http://billythepip.blogspot.co.id/2013/08/main-saham-ala-intelligent-investor_18.html , bung Willy merangkum pentingnya efek inflasi terhadap pemilihan investasi, nah pada post ini Bung Willy merangkum pentingnya diversifikasi investasi. Yang saya tanyakan, berdasarkan pengalaman Bung Willy, jenis Investasi apa dari yang disebutkan di pos ini, yang nilainya diatas inflasi Indonesia?

    Terima kasih banyak sekali lagi Bung Willy,
    Salam Hangat

    ReplyDelete
  6. Wah terima kasih atas pujian Rekan Iku. Pengalaman saya juga masih sedikit to be honest, tetapi saya melihat investasi di properti dan saham cenderung di atas inflasi. Ada juga investasi di instrumen seperti forex dan futures, tetapi yang itu lebih ke arah spekulasi.

    ReplyDelete